Cara Install React JS Bagi Pemulai


Hi guys, kali ini kita akan membahas tentang bagaimana cara membuat project pertama menggunakan React JS sampai bisa menghasilkan aplikasi yang sederhana.

1. Menginstall Node JS

Pertama-tama yang perlu di install adalah Aplikasi Node JS, tapi untuk tutorialnya kita tidak akan membahas nya disini, bagi teman-teman yang belum lihat tutorialnya bisa dilihat disini.

2. Menginstall React JS

Setelah teman-teman semua menginstall Node JS, selanjutnya menentukan dimana akan meletakan aplikasi react js kita, sebagai contoh saya meletakkannya di 
C:/xampp/htdocs/

setelah menentukan dimana akan meletakkan project react js kita, selanjutnya gunakan command berikut untuk mendownload react js.

npm install -g create-react-app

Tunggu sampai proses selesai. Untuk pengecekan apakah aplikasi sudah terinstall dengan benar bisa menggunakan command berikut:

create-react-app --version 

Apabila muncul angka itu artinya aplikasi sudah selesai diinstall, angka yang muncul adalah angka dari versi react yang terinstall. 

Setelah proses selesai kita akan membuat project react js pada folder yang sudah kita buat di atas. Disini saya membuat aplikasi dengan nama belajar-react dengan menggunakan command berikut:

create-react-app belajar-react

Tunggu hingga proses instalasi selesai, setelah selesai kita masuk ke folder dan coba menjalankan aplikasinya dengan menggunakan command berikut:

cd belajar-react

npm start

Setelah mengikuti semua proses diatas, maka kita sudah bisa membuat project aplikasi dengan menngunakan reactjs.

 



Untuk tutorial membuat aplikasi menggunakan reactjs bisa dilihat pada tutorial yang ada di blog ini. 

Cara Install React JS Bagi Pemulai Cara Install React JS Bagi Pemulai Reviewed by Alimstudio on February 21, 2021 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.